4 Mei 2019

Indonesia... Aku Rindu

Ada apa dengan Indonesiaku?


Indonesia tercipta dari suku yang beragam.
Indonesia tercipta dari budaya yang bermacam.
Indonesia menaungi enam agama yang berbeda.

Batak, Sunda, Jawa, Dayak, dan lainnya bersatu padu dalam Bhinneka Tunggal Ika.
Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, Konghucu, dan lainnya berdampingan dalam Bhinneka Tunggal Ika.
Perbedaan yang menjadikan satu.
Perbedaan yang menimbulkan rasa hormat satu sama lain.
Perbedaan yang menciptakan toleransi.

Namun, mengapa?
Apa yang terjadi wahai Indonesiaku?

Aku melihat keributan.
Aku mendengar cacian.
Aku mencium ketidakharmonisan.
Aku meraba kebencian.
Aku mengecap pahit kenyataan.

Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya sedang krisis toleransi.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya senang memaki.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya tak suka menghargai.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya mudah diprovokasi.

Ada apa dengan Indonesiaku?

Di mana identitas Indonesia yang besar akan toleransi?
Di mana identitas Indonesia yang senang menghargai?
Di mana identitas Indonesia yang menjunjung tinggi harga diri?
Di mana identitas Indonesia yang suka bernegosiasi?

Budaya senyum mulai luntur.
Budaya santun mulai melebur.
Sekarang emosi kerap terbentur.
Sekarang membudayakan takabur.

Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya ramah dan cinta perdamaian.
Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya tidak mempermasalahkan perbedaan.
Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya memberikan kebebasan.

Tuhan,
Aku cinta Indonesiaku.
Aku rindu Indonesiaku.
Kembalikanlah Indonesiaku.

30 April, 2019.
Dari aku yang merindukan Indonesia.

Original picture by pinterest
https://pin.it/nwcxep2kbtstnz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar