20 Februari 2017

Genre Kehidupan

Kalian pernah terpikirkan nggak kalau seluruh manusia yang ada di muka bumi ini menjalani hidupnya dengan cara yang berbeda-beda? Jalan hidup itu persis seperti sebuah alur cerita novel dan drama atau mungkin sebaliknya, alur cerita yang menyesuaikan jalan kehidupan seseorang. Genre yang ada dalam suatu alur cerita, sebenarnya hanya perintilan kecil dari kehidupan manusia. Kesimpulannya, kehidupan manusia terdiri dari beberapa genre dong tentunya. 

Genre Kehidupan
Sebenarnya, kita adalah tokoh protagonis dalam kehidupan kita sendiri dengan genre kehidupan yang kita buat sendiri. Kadang-kadang, kita menjadi antagonis juga untuk kehidupan orang lain dengan genre kehidupan yang mereka buat sendiri. Kadang pula, kita hanya figuran dalam cerita orang lain dengan genre kehidupan yang lain juga.

Genre kehidupan yang dijalani setiap manusia itu bercampur aduk dalam kehidupan manusia, membentuk sebuah kesatuan kisah rumit yang saling bersinggungan satu sama lain. Pada postingan kali ini, aku akan membahas tentang genre-genre yang ada di dalam kehidupan manusia. 

Action

Genre ini banyak menunjukan tentang laga aksi atau pertarungan. Kita bisa melihat di sekeliling kita. Ada saja orang yang bertengkar, tonjok-tonjokan, tendang-tendangan, cubit-cubitan, senggol-senggolan, kejar-kejaran. Salah satu genre ini tentunya banyak kita lihat dalam kehidupan manusia di dunia.

Nggak usah jauh-jauh deh, kita lihat saja pasangan kakak-beradik, pasti sering bertengkar, pukul-pukulan, tendang-tendangan. Selain itu, ada juga adegan kejar-kejaran antara polisi dengan pelaku kriminal. Bahkan ada pula tembak-tembakan dan peperangan dalam kehidupan manusia di dunia ini. Bukan ditembak gebetan ya, itu sih beda lagi.

Adventure

Genre ini menunjukkan tentang petualangan di suatu tempat dan alurnya juga penuh teka-teki. Nah, inilah hidup yang sebenarnya. Penuh teka-teki. Kita sebenarnya sedang berpetualang menjalani alur kehidupan tanpa tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Setiap ada masalah yang dihadapi, kita harus bisa mencari solusi. Kita juga harus tetap maju untuk membuat akhir cerita menjadi happy ending. Inilah yang dinamakan petualangan hidup.

Baca contoh kehidupan bergenre adventure di sini

Biografi

Genre ini menceritakan tentang kisah hidup seseorang. Tentu saja, kita pernah mendengar cerita tentang nenek buyut kita yang telah tiada dari orang tua. Menceritakan semasa hidupnya, hal yang dialaminya, apa saja yang bisa dipelajari dalam hidupnya. Kita pun bisa mengambil pesan moral dari jalan hidup seseorang. Kita bisa menjadikan hal yang baik sebagai panutan dan menjadikan hal yang buruk sebagai pelajaran.

Comedy

Genre ini tentang humor dan tujuannya untuk membuat tertawa. Siapa yang tidak pernah tertawa? Kalau ada, coba tes kejiwaannya–bahkan orang gila yang tidak waras saja selalu tertawa. Ada dua tipe orang, yang selera humornya tinggi dan selera humornya rendah. Ada yang menciptakan gagasan konyol, ada pula yang hanya menyaksikan kekonyolan. Genre ini sangat melekat bagi orang yang humornya recehan, mungkin bisa mencapai kurang lebih 25%. Beda lagi, kalau untuk yang humornya dollar, mereka lebih sulit tertawa dan kadar genre dalam hidupnya mungkin hanya 8% saja.

Crime

Genre ini menceritakan tentang kehidupan kriminal. Siapa yang tidak tahu hal kriminal? Hal kriminal sudah biasa di hidup ini. Terkadang hidup kita terlibat dengan suatu hal yang kriminal entah hanya sebagai figuran, antagonis atau protagonisnya. Gak akan jauh-jauh dari kisah maling, rampok, jambret, dan sebagainya. 

Documentary

Genre ini menceritakan dokumenter tentang objek tertentu. Anggaplah di sini, kita adalah objek dari genre ini. Tentu saja, kita memiliki kenangan di masa lalu. Kenangan masa kecil ketika masih sekolah, ketika masih ingusan, ketika masih dalam kandungan, atau bahkan saat masih jadi kecebong. Ya pokoknya, kenangan apa pun itu, termasuk kenangan bersama mantan. Bucin terus! 
Walaupun kita tidak merekamnya dalam kamera tetapi memori otak kita akan merekamnya, walaupun tidak seluruhnya.

Drama

Genre ini penuh konflik. Entah konflik dalam keluarga, konfik pribadi, konflik percintaan. Bangak konflik yang terjadi di dalam kehidupan kita. Kita adalah protagonis dalam hidup ini, maka kita mulai memasuki genre ini ketika kita sedang bertengkar dengan kedua orang tua karena berbeda pendapat, merasa putus asa, terpuruk, sering menangis karena banyak hal dan tidak mampu menyelesaikan masalah sendirian. Ketika kita memasuki genre ini, hanya satu yang dapat dilakukan yaitu, menguatkan diri sendiri.

Family

Genre ini bercerita tentang kekeluargaan dan sudah melekat sebelum kita lahir. Tanpa genre ini, kita gak akan ada di dunia. Oleh karena itu, kita gak bisa lepas dari genre yang ini. Kita hidup dengan turun temurun, dari uyut, kakek, nenek, ibu, bapak, kakak, adik, anak, cucu, cicit, cucut, cecet, dan cocot. Oke ini ngarang. Genre ini melekat sekitar 40% di dalam kehidupan kita. 

Fantasi

Genre ini menceritakan tentang imajinasi seseorang. Walaupun hidup ini bukan sebuah fantasi, setidaknya kita pernah memasuki genre ini. Kapan? Ketika kita berkhayal tentang hidup yang bahagia, menemukan pangeran atau putri impian, hidup mewah, dan khayalan lainnya ketika kita masih jadi bocah ingusan. Anak laki-laki berkhayal jadi robot, Superman, Batman, Iron Man, sedangkan anak perempuan berkhayal berada di Dreamland, mengobrol dengan bonekanya, pesta minum teh. Faktanya itu hanyalah imajinasi dan di sini lah genre fantasi masuk ke dalam hidup ini.

History

Genre ini menceritakan tentang sebuah kejadian bersejarah. Genre ini gak terlalu melekat bagi kehidupan pribadi, tapi genre ini sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, sejarah perjuangan kemerdekaan tahun 1945, bagi kita pribadi mungkin gak berpengaruh dalam menjalani hidup ini, tapi itu berpengaruh untuk kehidupan masyarakat. Di mana kita harus menghormati perjuangan orang-orang sebelum kita, tanpa mereka kita tidak mungkin merdeka. 

Pada dasarnya, hidup kita yang sekarang ini juga akan menjadi sebuah sejarah bagi anak cucu kita dan orang-orang setelah kita. Kalau misalnya, sekarang sedang tren bahasa alay, seperti yalord, yawla, yxg kuy, itu nanti akan menjadi sebuah cerita bersejarah untuk generasi selanjutnya. Makanya, kalau mau membuat sejarah jangan yang aneh-aneh ya.

Horror

Genre ini bercerita tentang hal-hal yang ghaib yang membuat kita ketakutan. Kita hidup berdampingan dengan makhluk ghaib, jadi genre ini akan selalu berdampingan selama peradaban manusia masih ada. Sebagian orang pasti punya rasa takut akan hal-hal ghaib yang berbau setan-setanan bahkan pernah mengalami sapaan ghaib. Mungkin, ada yang diganggu saat sedang melakukan sesuatu, diajak bermain, bahkan ada yang mengaku indigo sampai berinteraksi dengan satu makhluk atau lebih, dan lain-lain. 

Genre horor terlibat untuk membumbui jalan hidup ini. Terbayang nggak kalau genre ini nggak ada? Pasti rasanya nggak asik. Biasanya, kalau nongkrong kan pasti ada obrolan asik tuh, ketimbang mengobrol tentang kejelekan orang lain, lebih baik mengobrol tentang hal ghaib yang bikin merinding. Biar bulu kuduk pada berdiri. 

Baca contoh kehidupan bergenre horor di sini

Musical

Genre ini sebenarnya genre yang alay kalau diterapkan dalam dunia nyata. Soalnya, setiap ada kejadian pasti bakal dengar lagu yang pas banget dengan apa yang kita alami. Biasanya sih, kalau sedang jatuh cinta dan patah hati. Kalau jatuh cinta, lagunya senang dan membuat kita menari-nari sambil tersenyum sendiri di kamar. Kalau patah hati, lagunya sedih dan menangis berhari-hari di kamar. 

Misteri

Genre ini penuh dengan misteri, teka-teki, dan penyelidikan. Genre ini bakal menjadi genre utama bagi orang yang berprofesi dalam bidang penyelidikan seperti polisi, detektif, dan lainnya. Namun, dalam kehidupan manusia biasa juga melibatkan genre misteri. Misalnya, ketika kehilangan suatu barang seperti dompet, isi kepala pasti isinya adalah potongan-potongan memori di mana kita menyimpan dompet itu. Kita akan menelusuri jejak-jejak yang tertinggal untuk menelusuri dompet itu. Jadi detektif dadakan begitu.

Romance

Genre ini menceritakan tentang kisah cinta. Entah itu kisah cinta yang romantis atau tragis. Mungkin untuk kalangan muda yang masih doyan cari monyet buat dicintai, kisah ini bisa jadi romantis kalau langgeng sampai tua tetapi bisa jadi tragis juga kalau putus di tengah jalan. Genre romance ini, berulang kali bolak-balik dalam kehidupan manusia seperti sebuah siklus. Jatuh cinta lalu mencintai lalu mempertahankan cinta lalu berpisah kemudian jatuh cinta lagi dan begitu seterusnya. Genre ini bakal dominan banget dijalani oleh dua insan yang sedang dimabuk asmara.

Baca contoh kehidupan bergenre romantis di sini

Sci-Fi

Sci-Fi ini singkatan dari Science Fiction. Genre yang menceritakan tentang teknologi dan sains. Buat orang yang nggak tertarik dengan dunia sains sih nggak bakal berpengaruh banyak dalam hidupnya. Biasanya, protagonis pada genre ini semacam ilmuwan yang bisa menemukan terobosan baru atau teknologi yang lebih maju. Untuk orang-orang yang bukan penemu, mungkin menjalani genre ini hanya sebagai seorang konsumen saja yang bisa menikmati hasil sebuah teknologi. 

Sport

Genre ini akan melekat sekali dalam kehidupan seorang atlet. Hidup ini bertemakan olahraga. Walaupun kita bukan atlet, tetapi genre ini juga ada dalam hidup kita. Pasti pernah olahraga, kan? Seperti angkat beban, berenang, main tenis, main bulutangkis, atau lari, pasti pernah dilakukan, kan? Atau kalau nggak pernah olahraga seperti itu, setidaknya lari dari kenyataan pernah kali ya. Lumayan, untuk olahraga hati. Genre ini terlibat sedikit banget sih, buat kamu yang nggak suka olahraga. Tapi, setidaknya genre ini pernah hadir dalam hidupmu.

Thriller

Apa yang keras dan tegang? Genre Thriller. Genre ini mengisahkan tentang hal yang penuh dengan kekerasan dan ketegangan atau dekat dengan sesuatu yang berdarah-darah. Kebanyakan genre ini mengisahkan tentang pembunuhan. Hal itu nggak asing bagi hidup ini, banyak berita tentang pembunuhan antar saudara, pembunuhan keluarga, pembunuhan antar teman. Protagonis dalam genre ini lebih dikenal dengan pembunuh. Terkadang, seorang psikopat juga bisa menjadi protagonis dalam genre ini, dia akan bahagia dan memerankannya dengan baik. 

Dengan adanya genre ini, berhati-hatilah, mereka bisa jadi ada di sekitar kita. Jangan salah, setiap orang punya sisi gelap. Sisi gelap itu akan bangkit ketika kesabaran sudah melampaui batas. Sisi gelap bisa membuat kita melakukan hal di luar dugaan. Maka dari itu, genre thriller ini, terlibat dalam hidup kita walaupun berada di tempat yang nggak kita ketahui.

War

Genre ini menceritakan tentang peperangan. Pada zaman sekarang ini, peperangan nggak melibatkan senjata lagi tapi melibatkan internet, media sosial, dan bacotan. Jenis perang pada zaman ini adalah perang dunia maya, di mana orang lebih hebat berkicau di media sosial dan membuat perang pendapat alias berdebat. Membuat sebuah persoalan yang menyinggung SARA, menyebabkan perpecahan hubungan antar saudara. Nggak usah jauh-jauh, kalau habis putus dengan pacar, pasti perang dingin, kan?

Ingatlah!
Protagonis dalam hidup ini adalah diri kita sendiri. Kita sendiri yang menentukan naskah dalam hidup ini, jangan biarkan orang lain mengubah naskah kita. Orang lain bisa saja terlibat dalam naskah yang kita buat, tetapi hanya mendapatkan peran sebagai antagonis atau figuran atau bahkan cameo.

Mungkin, itu lah genre hidup yang bisa aku tuliskan dalam tulisan ini. Sebenarnya masih banyak genre yang belum disebutkan tapi aku sudah pegal menulis. Jadi, aku akhir sampai di sini. 
Have a nice day


Michiko ♡

Picture source by Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar