9 April 2021

Review Jujur: Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser

Setelah menggunakan produk Safi varian yang warna biru, Safi White Expert Purifying Cleanser 2 in 1, aku beralih mencoba produk Safi varian terbaru. 

Ada yang bisa tebak?

Sebelumnya, aku mau menginformasikan kalau Safi mengeluarkan varian terbaru; warna oranye, warna hijau, warna hitam, dan warna putih.

Safi yang warna oranye adalah seri produk yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat. 
Safi yang warna hijau adalah seri produk anti acne atau jerawat. 
Safi yang warna hitam adalah seri produk yang diformulasikan untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kelembapan.
Safi yang warna putih adalah seri produk untuk kulit sensitif. 

Produk Safi yang kali ini akan aku ulas adalah produk Safi varian putih, Safi Dermasafe, yang diformulasikan khusus untuk tipe kulit sensitif. Berhubung di review sebelumnya aku punya love-hate relationship dengan produk Safi White Expert Purifying Cleanser 2 in 1, maka aku memutuskan untuk mencoba varian yang ini karena tipe kulitku cenderung sensitif.

Baca juga kisah love-hate relationship dengan produk Safi pada review sebelumnya: Review Jujur: Safi White Expert Purifying Cleanser 2 in 1

Varian ini cukup berbeda dari varian sebelumnya, Safi Dermasafe mengeluarkan rangkaian produk basic skincare yang lengkap berupa cleanser (mousse dan gel), booster, dan moisturizer untuk siang dan malam.

Pada kesempatan kali ini, aku akan membahas Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser.

Review Jujur: Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser
Sebelum aku review, seperti biasa kita lihat dulu identitas produk Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser.

Identitas Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser

1. Fungsi

Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser adalah produk pembersih wajah yang berguna untuk membersihkan kotoran dan sebum (minyak) di wajah.

2. Komposisi atau Ingredients

Penjelasan ini didapat dari tulisan yang ada di botolnya untuk menjelaskan produk ini. Produk ini mengandung kandungan bahan alami ekstrak licorice dan chamomile.

Ingredients Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser
Water, Glycerin, Sodium Lauryl Ether Sulphate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide Methyl Mea, Acrylates Copolymer, Sodium Chloride, Sodium Cocoamphoacetate, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycyrrhiza Glabra(Licorice) Root Extract, Anthemis Nobilis (Chamomile) Flower Extract, Phenoxyethanol, Potassium Sorbate

3. Fungsi

a. Ekstrak Licorice

Ekstrak Licorice mengandung glabridin yang berperan untuk mencerahkan kulit wajah dengan efek samping minimum dan antioksidan. Selain itu, ekstrak Licorice juga mengandung glycyrrhizin yang berperan sebagai anti-inflammatory (mencegah iritasi). 

b. Ekstrak Chamomile

Ekstrak chamomile berperan untuk menenangkan kulit (shooting) dan mencegah iritasi (anti-inflammatory). 

4. Klaim produk

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan produk ini:
a. Formula yang lembut dan ringan membersihkan kotoran dan sebum secara optimal.
b. Merawat dan menyejukkan kulit kemerahan agar terasa nyaman.
c. Menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tampak sehat dan cerah.
d. Tanpa alkohol, pewangi, pewarna, dan pH seimbang.

Informasi tambahan

1. Di mana belinya?

Aku beli produk ini pertama kali di drugstore Watsons. Sepertinya di Guardian juga ada tapi kebetulan pas waktu itu lagi kosong. Berhubung sekarang lagi pandemi, aku beli di official store Safi di Tokopedia. Pengirimannya sekitar seminggu dan packaging-nya aman kok, produk dikasih bubble wrap dan dimasukkan ke kardus kecil.

2. Berapa harganya?

Aku agak lupa sih harga di drugstore berapa, mungkin kisaran  60 ribu sampai 70 ribuan kalau nggak salah. Kalau di official store Safi yang ada di Tokopedia harganya 70 ribuan. 

3. Berapa banyak isinya?

Berat bersihnya 100 gram.

Review Jujur Oleh Nadhishafa

DISCLAIMER! Setiap orang punya kulit yang berbeda, maka efek pemakaian dari suatu produk pun akan berbeda.

Mohon diperhatikan sehingga tidak ada kesalahpahaman. Review ini berdasarkan pengalaman yang aku alami sendiri. Apabila sesuatu terjadi pada aku belum tentu terjadi kepada kamu juga.

1. Berapa lama pakai produk ini?

Aku pakai produk ini kurang lebih sudah empat bulan. Pertama beli kalau nggak salah bulan November 2020 dan aku sudah repurchase satu kali bulan Februari 2021.

Kelihatannya awet ya tapi menurutku ini normal sih untuk ukuran sabun muka. Soalnya, akunya aja yang nggak rajin cuci muka hehe.

2. Bagaimana teksturnya?

Produknya warnanya bening dan seperti gel. Nggak ada butiran scrub sama sekali, benar-benar gel kental. Konsistensinya nggak terlalu cair, malah cenderung kental. 

Sedikit lengket tapi nggak lengket banget kalau dibandingkan produk pembersih Safi yang pernah aku coba. Setelah kena air, jadi licin banget dan agak sulit untuk dibusain.

3. Bagaimana aromanya?

Aromanya nggak terlalu kuat, lebih mirip bau bunga asli kalau dicium secara langsung. Nggak ada wangi sitrus atau parfum sama sekali.

4. Bagaimana pengalaman menggunakan produk ini?

Kalau produk ini digosok ke tangan, busanya nggak terlalu banyak, malah lebih sedikit daripada Safi White Expert Purifying Cleanser 2 in 1. Atau mungkin cenderung nggak berbusa kali ya, soalnya agak sulit untuk dibusain di tangan kayak menggumpal gitu jadi agak lama kalau mau dibikin busa.

Waktu diaplikasikan ke wajah rasanya lembut banget karena nggak ada butiran scrub dan licin. Sesuai klaim produk, Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser membersihkan kotoran dan minyak di wajah. 

Setelah dicuci, nggak ada efek kering sama sekali malah kenyal. Nggak bikin kulit terasa ketarik sampai kaku juga setelah cuci muka. Sejauh ini, aku nggak mengalami reaksi negatif apa pun. 

5. Apa bagian yang aku suka dari produk ini?

Aku suka dengan teksturnya yang gel dan lembut banget saat diaplikasikan ke wajah. Efek setelah cuci muka juga nggak bikin ketarik sampai kaku gitu malah bikin lembap. 

Ada kandungan glycerin yang berfungsi buat melembapkan. Ada kandungan ekstrak licorice dan chamomile yang berfungsi buat menenangkan kulit dan mencegah iritasi. Formulanya cocok banget buat kulit aku yang oily sensitive dan sering rewel kalau ketemu produk pembersih wajah. Baru kali ini kulitku nggak rewel sama sekali ketemu produk baru.

Surfaktan yang digunakan juga SLES bukan SLS, salah satu surfaktan yang minim efek iritasi di kulit. Pokoknya ini gentle skincare approved!

Aku pribadi sih bucin banget sama produk ini. Almost perfect. 9/10!

6. Apa bagian yang aku nggak suka dari produk ini?

Aku agak kurang suka baunya, awal cium aromanya lebih mirip bau bahan kimia kayak besi atau logam gitu, aku nggak terlalu yakin. Cuma lama kelamaan, baunya lebih mirip aroma bunga asli. Tapi tetap, untuk aromanya aku lebih suka aroma varian White Expert. Mungkin karena produk ini nggak pakai pewangi ya jadi aromanya nggak terlalu menarik. 

Aku agak kurang suka packaging-nya untuk produk ini. Varian yang lain tuh packaging-nya pakai botol pump tapi entah kenapa yang Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser ini pakai tube biasa padahal produknya ini gel. Jadi, kalau aku lupa dan terburu-buru kadang produk yang keluar tuh kebanyakan. Solusinya sih biasanya aku pencetnya dimiringin dulu tube-nya. Mungkin buat bedain packaging dengan varian Safi Dermasafe Mousse Cleanser kali ya.

Harganya juga lebih mahal daripada produk Safi varian yang lainnya. Huhuhu dompetku menangis, tapi gak apa-apa... ada harga ada kualitas.

7. Siapa saja yang aku rekomendasikan untuk menggunakan produk ini?

Tipe kulit kering
Untuk kamu yang punya tipe kulit kering, kamu bisa coba produk ini karena produk ini nggak bikin kering sama sekali malah cenderung melembapkan kulit. 

Tipe kulit berminyak
Untuk kamu yang punya tipe kulit berminyak, agak sedikit ragu nih aku buat merekomendasikan terutama kalau minyaknya banyak banget. Soalnya, produk ini nggak terlalu banyak menyerap minyak. Aku kurang paham reaksinya di kulit yang super berminyak, tapi ini worth to try untuk kamu yang cari gentle skincare!

Tipe kulit sensitif
Untuk kamu yang punya tipe kulit sensitif, kamu bisa banget pakai produk ini! Menurutku, formulasi produk ini memang gentle skincare approved yang ditujukan untuk kita yang kulitnya rewel. Apalagi klaim produknya tanpa alkohol, tanpa pewangi, dan tanpa pewarna. Klaim produknya aman buat kulit sensitif.

Segitu aja review produk Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser dari aku. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sedikitnya bisa membantu kamu yang sedang cari review Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser.

Baca juga tulisan ulasan produk yang lainnya di sini

Have a nice day,


Michiko ♡

Referensi:
Ingredients source on incidecoder
Photo by nadhishafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar