26 Januari 2016

Have A Nice Day

Halo. Lama tak jumpa lagi ya dengan aku? Kangen gak? Belakangan ini, aku nggak ada ide sih. Jadi, aku hiatus untuk posting di blog, terlebih lagi mau ujian kan jadi semakin sibuk. Walaupun aku sibuk, tapi aku tetap menikmatinya. Hari-hari yang kujalani terasa begitu indah dan cepat berlalu. Mau tahu nggak, apa rahasianya?

Selain strategi untuk mengatur waktu di kala sibuk ( Baca selengkapnya: Time Management ), aku juga harus punya motivasi untuk tetap melangkah maju. Suatu hari, aku sedang menonton sebuah film. Film itu selalu ada amanat yang bisa diambil dari kisahnya. Aku pun mendapatkan sebuah motivasi dari salah satu tokohnya:
"I wanna be brave, and selfless, and smart, and kind, and honest." — Tobias Eaton, Divergent (2013).
Semenjak itu, aku selalu mengingat kalimatnya dan berpegang dengan motivasi itu. Aku banyak mengubah hidupku. Aku yang semula penakut, mulai berubah untuk mengontrol diri supaya menjadi orang yang berani. Aku yang semula apatis, mulai mencoba untuk tidak mementingkan kepentingan sendiri. Aku banyak belajar agar menjadi orang yang pintar. Aku berusaha untuk selalu menjadi orang yang jujur dan berintegritas. Intinya, aku berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik. Untuk mewujudkan keempat pegangan tersebut, tentu saja aku harus punya hari yang baik juga untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik. Hal-hal kecil mulai aku lakukan untuk membuat hari-hariku menjadi indah. Hal-hal kecil yang bisa menunjang indahnya hari yang aku lalui seperti berikut ini.

1. Be grateful

Saat pertama kali aku membuka mata, bangun tidur, hal yang pertama kali aku lakukan adalah meregangkan ototku dan berdoa setelah bangun tidur. Bersyukur. Bersyukur karena aku masih memiliki kesempatan untuk hidup. Bersyukur karena aku masih mengembuskan napas. Bersyukur karena aku masih bisa bangun. Bersyukur karena aku bisa tidur dengan nyenyak. Bersyukur karena aku bangun dengan hati yang tentram. Otot-otot akan terasa rileks setelah diregangkan bersamaan dengan ucapan syukur yang dipanjatkan.

2. Menghirup udara segar

Setelah meregangkan otot, aku akan membuka jendela kamar. Memandang ke sekitar sambil menghirup udara pagi yang segar. Tentunya, untuk menghirup udara segar kita harus bangun pagi. Matahari memancarkan sinar fajar membuat langit elok. Udara segar di pagi hari akan membuat pikiran menjadi tenang, menjaga stabilitas mood juga. Apabila di kamar nggak ada jendela, bisa kok membuka pintu dan berjalan atau sedikit melakukan peregangan otot di halaman rumah. Walaupun dingin, tapi itu menyegarkan. Jadi, nggak usah pakai jaket.

3. Curhat

Mencurahkan segala isi hati itu sungguh melegakan. Nggak harus curhat dengan manusia, curhat dengan Tuhan biasanya lebih melegakan. Beban yang ditanggung sendiri itu akan membuat kepala menjadi pusing karena banyak pikiran, ujungnya stabilitas emosi terganggu dan membuat hari menjadi berantakan karena perasaan yang berantakan nggak karuan. Terkadang, aku berbicara sendiri setiap pagi, bercerita tentang apa saja hal yang akan aku lakukan hari ini dan mengatakan harapan apa yang aku inginkan agar terjadi. Setelah hari berakhir, atau ketika aku akan pergi tidur, biasanya aku bercerita tentang kejadian hari ini. Aku meluapkan semua emosi, senang, sedih, kesal, tegang, dan lain sebagainya. Semua itu membuat hati menjadi lega.

4. Mandi

Air yang membasuh tubuh itu rasanya membuat otot-otot sangat rileks. Membuat lebih semangat untuk menjalani hari dan juga membuat diri kita melepaskan penat yang seharian kita bawa. Seolah mandi ini adalah menetralkan sesuatu yang panas dengan air dingin.

5. Bercermin

Biasanya, ketika bercermin kepercayaan diri akan meningkat sehingga membuat kita menjadi percaya diri untuk menjalani hari. Dengan melihat pantulan bayangan di cermin, kita bisa melihat ekspresi wajah sendiri dan menentukan mana ekspresi wajah yang enak dilihat dan mana ekspresi wajah yang nggak enak dilihat. Dengan begitu, kita akan menampilkan ekspresi terbaik kita setiap bertemu dengan orang lain. Selain itu, memberi petuah untuk diri sendiri juga diperlukan sebagai motivasi untuk menjalani hidup. 

6. Interaksi dengan orang tercinta

Memulai hari dengan berinteraksi dengan orang tercinta akan meningkatkan mood. Hormon oksitosin akan meningkat karena mendapatkan cinta dari orang yang kita sayang. Hal itu akan berpengaruh baik untuk perasaan, membuat perasaan menjadi senang. Perasaan senang akan membawa kepribadian yang menyenangkan juga. Kesenangan itu bisa memacu semangat untuk menjalani hari itu. Otomatis kalau kamu punya semangat, sudah pasti dong melakukan apa pun all out dengan super power yang kamu miliki.

7. Jangan banyak main handphone

Handphone sebenarnya adalah salah satu penghambat untuk menikmati hidup dan alam. Biasanya, dia akan menjadi pelarian ketika sedang sendirian, juga mengambil alih perhatian seseorang sampai orang nggak peka dengan keadaan sekitarnya. Akibatnya, akan terbentuk sikap apatis karena kebanyakan main handphone. Selain itu, orang-orang di sekitar juga jadi ogah untuk mengganggu orang yang sibuk memegang handphone-nya. Padahal, bisa jadi orang itu ingin mengajak berbicara atau sekadar berbagi canda tawa tetapi malah sungkan karena melihat orang sedang sibuk dengan handphone-nya. Sedangkan dalam sudut pandang kita, kita malah merasa kalau orang-orang nggak peduli dengan kehadiran kita. Nah lho, susah kan kalau sudah begini, pasti hari akan jadi berantakan kalau sudah begitu. Maka dari itu, gunakanlah handphone seperlunya.

Tips membuat hari bahagia

Baca juga tips-tips kehidupan yang lainnya di sini

Sekiranya itu sih hal-hal yang bisa membuat hari-hariku terasa lebih baik dan menyenangkan. Semoga, kalian juga bisa memulai hari dengan baik dan mengakhirinya dengan baik juga. Semangat untuk hari ini!

Have a nice day


Michiko ♡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar