2 Desember 2019

English DIary Episode 3: I am doing vs I do

Halo kawan. Mari kita belajar bahasa Inggris bersama-sama.

Pada postingan kali ini, kita belajar tentang perbandingan Present Simple Tense (I do) dan Present Continuous Tense (I am doing).

Baca juga: Present Continuous Tense (I am doing)

Persiapkan niat dan tekad untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Sediakan kertas dan alat tulis untuk mencatat, jika diperlukan. Jangan lupa berdoa sebelum belajar agar ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Selamat bersenang-senang!

Perbandingan umum




Perbandingan kalimat berdasarkan kata sifat

He is nice VS He is being nice

  • He's nice = Dia baik. (fakta dan tidak hanya berlaku sementara
He cares about other people. He's nice.
Dia peduli pada orang lain. Dia baik.
  • He's being nice =  Dia bertingkah seperti orang yang baik. (bertingkah atau berpura-pura pada waktu tertentu)
 He is being very nice to me at the moment. I wonder why.
Tumben, dia tadi sangat baik kepadaku. Aku bingung. 

Pengecualian!

Penggunaan am/is/are being tidak selalu berlaku pada setiap kata sifat, contohnya seperti:

  • I am very tired. (Aku sangat lelah)
  • It is hot today. (Hari ini panas) 

 Perbandingan kalimat berdasarkan kata kerja

I always do VS I'm always doing

  •  I always do = Aku selalu melakukannya (rutinitas atau kebiasaan).
I always go to school by motorcycle.
Aku selalu berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor.
  • I'm always doing = Aku terlalu sering melakukannya.
I'm always making the same mistake.
Aku selalu (terlalu sering) melakukan kesalahan yang sama. 

 

I think VS I'm thinking

  • I think = menyatakan opini, kepercayaan atau gagasan.
What do you think about my dress?
Apa pendapatmu tentang bajuku? 
  • I'm thinking = memikirkan atau mempertimbangkan sesuatu hal.
I'm thinking about what happened.
Aku sedang memikirkan tentang apa yang terjadi.


Penggunaan Indera

Pola kalimat Present Simple (I do) digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan indera:
  •  smell
The dinner smells good.
Makan malam ini aromanya lezat.
  • see
Can you see it?
Bisakah kamu melihatnya?
  • taste
This sauce tastes really good.
Saus ini rasanya sangat lezat.
  • hear
I can hear a strange noise.
Aku bisa mendengar suara aneh.


Perasaan dan pikiran

Kata kerja yang berhubungan dengan perasaan, preferensi, dan pikiran cenderung menggunakan pola kalimat Present Simple Tense.

Baca juga: Present Simple Tense (I do)

Contoh kata yang berhubungan dengan perasaan, preferensi, dan pikiran:

love     like     want     hate     prefer     need
know     realise     mean     believe     remember     understand     suppose
fit     belong     seem     consist     contain

I love you.
Aku cinta kamu.

Do you believe in God?
Apa kau percaya kepada Tuhan?

I don't remember her name.
Aku tidak ingat namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar