30 Desember 2019

Resolusi untuk Berevolusi

Halo kawan.

Sudah lama ya aku gak mengajak kalian berinteraksi melalui artikel yang aku posting di blog ini. Pada postingan kali ini, aku mau mengajak kalian untuk bertukar pikiran dan ingin mengetahui lebih jauh tentang kalian.

Pada hari ini, kita sudah berada di penghujung tahun 2019. Sebentar lagi, tahun 2020 akan datang dengan ceritanya yang baru. Mari kita merefleksikan diri sendiri.


Apa yang telah kita lakukan selama tahun 2019?
Apa yang telah kita capai pada tahun 2019?
Apa yang belum kita capai pada tahun 2019?
Sudahkah kita merenungkannya?

Baiklah, setelah kita melihat ke belakang tentang diri kita sendiri, mari kita lihat ke depan.
Apa yang ingin kita capai pada tahun 2020?
Apa yang ingin kita lakukan pada tahun 2020?
Apa resolusimu untuk tahun 2020?
Apa kamu sudah membuatnya? Beri tahu aku!

Apa sih arti resolusi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah sidang); pernyataan tertulis; biasanya berisi tentang tuntutan tentang suatu hal."

Dikutip dari Kompasiana, menurut Edy Nugraha seorang pengajar bahasa Indonesia di salah satu sekolah di Jakarta, resolusi memiliki perluasan makna, yakni:
Dalam konteks tahun baru, resolusi mengandung makna sebagai sebuah tetapan harapan atau tuntutan hati yang ingin dicapai pada tahun baru.

Biasanya, resolusi tahun baru dapat berupa harapan, target pencapaian, ketetapan diri untuk berubah. Misalnya terkait karir, percintaan, kesehatan, dan lain-lain. Resolusi tahun baru sangat berguna untuk menjadi sebuah patokan bagi kita untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Sebaiknya, resolusi tahun baru juga dibuat dengan realistis untuk mempermudah kita dalam mencapai hal tersebut. Sebab, jika harapan ke depan tidak realistis, justru hal tersebut akan memberatkan diri kita sendiri.

Baca juga: Daftar Kegagalan

Seberapa pentingkah resolusi tahun baru? Bagiku, resolusi tahun baru sangat penting. Aku ingin berbagi sedikit cerita. Resolusiku pada tahun 2019 ada tiga, yaitu:
1. Produktif.
2. Lulus N3.
3. Bekerja.
Dua dari tiga poin tersebut sudah aku capai pada tahun 2019, yaitu produktif dan lulus N3. Produktivitasku meningkat setelah menulis resolusi tersebut, bisa dilihat perbandingan jumlah postinganku pada tahun 2018 dengan 2019. Sertifikat kelulusan kemampuan bahasa Jepang setara N3 pun sudah aku dapatkan berkat belajar dengan sungguh-sungguh. Sedangkan, poin bekerja belum bisa terlaksana pada tahun 2019 sehingga bekerja akan tetap menjadi resolusiku di tahun 2020. Aku tidak menulis banyak pencapaian pada tahun 2019 karena sejujurnya butuh usaha dan niat yang sangat besar untuk mencapai ketiga poin tersebut. Hal-hal yang ingin aku capai tidak semata-mata langsung aku dapatkan hanya dengan mengedipkan kedua mata, pasti butuh perjuangan dan pengorbanan.

Sekarang, aku ingin menuliskan beberapa hal yang ingin aku lakukan dan capai pada tahun 2020. 
Bismillaahirrahmaanirrahiim. Resolusi tahun 2020:
1. Bekerja.
2. Berangkat ke Jepang.
3. Lulus N2.
4. Mencukupi kebutuhan minum air putih setiap hari.
Semoga, aku bisa memenuhi semua resolusi yang aku tulis. Aamiin. 

Bagaimana dengan resolusimu pada tahun 2020?
Aku penasaran. Kalau sudah membuatnya, beritahu aku ya.

Have a nice day,

Michiko♡


Tidak ada komentar:

Posting Komentar