Showing posts with label Random. Show all posts
Showing posts with label Random. Show all posts

October 1, 2019

Kawan Lama

2:30 PM 1 Comments
Siapa kawan lama yang kau rindukan?
Apa kau masih berkomunikasi dengan mereka?
Atau... mereka terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing sampai melupakanmu?

Waktu terus berjalan mengikis segala cerita. Kisahku dan kawan-kawan lama berakhir begitu saja. Selepas berpisah, kami semua berpencar. Ada yang kuliah di jurusan teknik, pendidikan, kedokteran, teknologi, dan ilmu yang lainnya. Ada pula yang membanting tulang untuk mandiri dalam menjalani kehidupan atau mungkin memang tuntutan hidup yang mengharuskan. Bahkan mungkin, ada pula yang telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta.

Kawan apa yang sedang kau lakukan sekarang?
Kawan, apakah kau merindukanku?
Ataukah kau masih mengingatku? Atau justru melupakanku?

Malam itu, aku termenung di atas tempat tidurku. Tidur berbantal lengan dengan mata yang terbuka menatap ke arah dinding polos yang hapa seperti hidupku kala ini tanpa dirimu, Kawan. Pikiranku melayang mengingat kala itu aku masih bisa tertawa bersamamu. Semakin lama tawa itu semakin jauh dan samar kemudian menghilang. Guratan wajahmu masih kuingat. Lengkungan senyumanmu masih dapat kubayangkan. Matamu yang melengkung bak bulan sabit ketika kau tersenyum pun masih dapat kukagumi walau aku hanya melihatmu dalam anganku. Ingatkah kau pada masa-masa itu wahai kawan? Atau... itu hanyalah fase kehidupanmu yang tidak begitu berarti hingga saat ini kau tinggalkan? 

Saat ini, telepon genggam sudah menjadi primadona di seluruh kalangan umat manusia. Semua yang memilikinya bahkan tidak bisa hidup tanpanya. Namun, mengapa sampai saat ini namamu tidak pernah muncul pada notifikasiku? Padahal aku tahu, kau tidak pernah meniggalkan telepon genggammu dalam jangka waktu yang lama. Bahkan kini, yang dapat kulihat hanyalah potongan namamu yang tertulis pada sebuah kotak pesandengan tanda centang berwarna biru. Pesan itu sudah beberapa hari--atau bahkan beberapa bulan yang lalu belum kau balas sampai saat ini.

Ingatkah kau pada masa-masa itu wahai kawan? Kala itu kau sering bertanya apakah aku sampai di rumah dengan selamat. Kau juga sering bertanya apakah tugas sudah aku selesaikan. Kau juga selalu bertanya, "Lagi apa? Sibuk gak? Aku kesepian."

Rupanya, semua keadaan itu berbalik. Kini, kau tak pernah tahu bagaimana kehidupanku dan apa saja yang telah kulalui tanpa dirimu. Kini, aku yang sering bertanya-tanya di dalam benakku, "Lagi apa di sana? ? Apa tidak rindu kepadaku? Sibuk ya? Aku sedang kesepian tapi aku tak bisa mengganggu waktumu. Kamu terlalu sibuk."


Kehidupanku dan kehidupamu saat ini amat berbeda. Aku sibuk dengan kehidupanku dan kamu sibuk dengan kehidupan barumu. Aku paham, bahwa setiap manusia memiliki waktunya tersendiri. Tetapi... bisakah kau luangkan sedikit waktumu agar kita dapat mengenang kisah kehidupan masa lalu yang pernah kita lalui bersama? Mari kita ingat kembali bahwa kau pernah menjadi bagian hidupku dan aku juga pernah menjadi bagian dari hidupmu walau kau anggap hanya sebuah angin lalu. Kawan, aku rindu.

September 23, 2019

Sudut Pandang Kehidupan

12:25 PM 0 Comments
Yuhuuu. Anybody here?
Halo, aku balik lagi nih. Wah gila sih dua bulan aku gak produktif banget wkwk. Maklum ya habis liburan panjang, nge-blog pun jadi ikut libur. Padahal liburan kerjaannya cuma rebahan sambil nonton TV doang ha ha ha ha.

Hari ini aku mau bahas hal yang random aja deh. Tiba-tiba aja nih pemikiran muncul pas lagi sarapan. Kira-kira apakah pemikiran random yang akan aku bahas kali ini? Sesuai judulnya, tentang sudut pandang. Kalian pasti pernah belajar tentang sudut pandang dong ya, tentang sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Jelas lah, ini sudah jadi pelajaran yang umum karena pasti dibahas pada pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya bab membedah unsur intrinsik cerita pendek/novel. Jujur, aku bingung sih gimana menuangkannya ke dalam kata-kata karena ini beneran random banget. Serius.

https://pin.it/yzdsoq3xq3gzr2

Kalian pernah mikir gak sih, kenapa aku bisa jadi sosok aku dan kamu adalah sosok kamu?
Bahasanya berat iya kan? Wkwkwkwk.

Ya kayak... kenapa kita dilahirkan hanya dengan satu sudut pandang? Aku cuma bisa merasakan kehidupan aku dan gak bisa merasakan bagaimana kehidupan orang lain dari sudut pandang mereka. Aku kadang penasaran sih, bagaimana kita bisa melihat sudut pandang orang lain atau kita masuk ke dalam jiwa orang lain untuk mengalami kehidupan orang tersebut secara langsung. Kalian pernah gak penasaran tentang hal itu?

Misalnya nih, aku sebagai mahasiswa menjalani hari-hariku dengan sudut pandangku sendiri. Lalu aku bertemu dengan temanku yang baru datang dengan mood yang berantakan, aku kan pasti cuma bisa melihat dari sudut pandangku sendiri kalau "Oh, ini orang lagi bete kali."
Aku cuma bisa mengamati orang lain tanpa tahu sudut pandang mereka secara internal.
Jadi, hal yang membuat aku penasaran tuh ya sudut pandang internal milik orang lain.

Aku kan suka kucing, setiap kucing datang aku elus-elus dan kasih makan. Hal yang paling random yang pernah aku bayangkan adalah bagaimana kalau jadi kucing itu.

Aku datang di kosan manusia terus cari kamar orang yang suka kasih aku makan, habis itu aku bilang, "Meong! (Oi manusia!)"
Lalu orang itu datang menghampiri aku, kemudian mengelus kepala dan menggelitik dagu aku. Terus aku kayak merasa, "Oh yeah... this feels so good, Hooman!"

Atau kalau misalnya ayah baru pulang kerja dan aku minta uang lalu dimarahi oleh ayah. Pasti kan aku berpikir, "Salah apa sih aku? Kok gitu aja dimarahi."
Tapi aku jelas gak tahu sudut pandang internalnya ayah kayak gimana. Bisa jadi misalnya ayah lagi dongkol gara-gara dimarahi bos kantor atau lagi pusing cari uang tambahan ke sana ke mari karena pengeluaran besar.

Aku masih penasaran sih sampai sekarang kenapa manusia cuma bisa lihat satu sudut pandang kehidupan saja. Seandainya manusia punya kemampuan bisa merasuki jiwa orang lain gitu kan, kita bisa tahu juga sudut pandang kehidupan dari kacamata orang lain. Random banget sih ini woy wkwkwk.

Ya sudah, itu saja deh pemikiran random yang bisa aku tulis di sini. Selamat menempuh hari Senin.
Have a nice day. ♡

Michiko

Photo by pinterest

May 4, 2019

Indonesia... Aku Rindu

8:54 PM 0 Comments
Ada apa dengan Indonesiaku?


Indonesia tercipta dari suku yang beragam.
Indonesia tercipta dari budaya yang bermacam.
Indonesia menaungi enam agama yang berbeda.

Batak, Sunda, Jawa, Dayak, dan lainnya bersatu padu dalam Bhinneka Tunggal Ika.
Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, Konghucu, dan lainnya berdampingan dalam Bhinneka Tunggal Ika.
Perbedaan yang menjadikan satu.
Perbedaan yang menimbulkan rasa hormat satu sama lain.
Perbedaan yang menciptakan toleransi.

Namun, mengapa?
Apa yang terjadi wahai Indonesiaku?

Aku melihat keributan.
Aku mendengar cacian.
Aku mencium ketidakharmonisan.
Aku meraba kebencian.
Aku mengecap pahit kenyataan.

Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya sedang krisis toleransi.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya senang memaki.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya tak suka menghargai.
Kenyataan bahwa Indonesiaku, rakyatnya mudah diprovokasi.

Ada apa dengan Indonesiaku?

Di mana identitas Indonesia yang besar akan toleransi?
Di mana identitas Indonesia yang senang menghargai?
Di mana identitas Indonesia yang menjunjung tinggi harga diri?
Di mana identitas Indonesia yang suka bernegosiasi?

Budaya senyum mulai luntur.
Budaya santun mulai melebur.
Sekarang emosi kerap terbentur.
Sekarang membudayakan takabur.

Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya ramah dan cinta perdamaian.
Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya tidak mempermasalahkan perbedaan.
Aku rindu Indonesiaku yang rakyatnya memberikan kebebasan.

Tuhan,
Aku cinta Indonesiaku.
Aku rindu Indonesiaku.
Kembalikanlah Indonesiaku.

30 April, 2019.
Dari aku yang merindukan Indonesia.

Original picture by pinterest
https://pin.it/nwcxep2kbtstnz

February 10, 2016

Let's Not Fall In Love

9:23 PM 0 Comments

우리 사랑하지 말아요 아직은 잘 모르잖아요
uri saranghaji marayo ajigeun jal moreujanhayo
사실 조금은 두려운 거야
sasil jogeumeun duryeoun geoya
그대 미안해요
geudae mianhaeyo
우리 약속하지 말아요 내일은 또 모르잖아요
uri yaksokhaji marayo naeireun tto moreujanhayo
하지만 이 말 만은 진심이야
hajiman i mal maneun jinsimiya
그대 좋아해요
geudae johahaeyo

아무것도 묻지 말아요
amugeotdo mutji marayo
대답할 수 없어요
daedaphal su eobseoyo
지금 이렇게 둘이 행복한데 왜
jigeum ireoke duri haengbokhande wae

날 가지려 하지 말아요
nal gajiryeo haji marayo
그저 이대로 조금만 있어요
geujeo idaero jogeumman isseoyo
갈수록 더 마음 아파지게 왜
galsurok deo maeum apajige wae

잦은 만남 뒤엔 이별
jajeun mannam dwien ibyeol
계속 반복되는 실연
gyesok banbokdoeneun siryeon
더는 의미를 찾을 수 없어  어리석은 미련
deoneun uimireul chajeul su eobseo  eoriseogeun miryeon

사랑의 탈을 쓴 MISTAKE
sarangui tareul sseun MISTAKE
느끼는 감정은 다 비슷해
neukkineun gamjeongeun da biseuthae
하지만 이 순간만큼은 I WANT YOU TO STAY
hajiman i sunganmankeumeun I WANT YOU TO STAY

우리 사랑하지 말아요 아직은 잘 모르잖아요
uri saranghaji marayo ajigeun jal moreujanhayo
사실 조금은 두려운 거야
sasil jogeumeun duryeoun geoya
그대 미안해요
geudae mianhaeyo
우리 약속하지 말아요 내일은 또 모르잖아요
uri yaksokhaji marayo naeireun tto moreujanhayo
하지만 이 말 만은 진심이야
hajiman i mal maneun jinsimiya
그대 좋아해요
geudae johahaeyo

나를 보며 웃지 말아요
nareul bomyeo utji marayo
정들면 슬퍼져요
jeongdeulmyeon seulpeojyeoyo
예쁜 그 미소가 눈물이 될까 봐
yeppeun geu misoga nunmuri doelkka bwa

사랑이란 두 글자 속에
sarangiran du geulja soge
우릴 가두려고 하지 말아요
uril gaduryeogo haji marayo
채우지 못할 욕심이니까
chaeuji mothal yoksiminikka

처음엔 설렘을 안고
cheoeumen seollemeul ango
반은 고민을 안고
baneun gomineul ango
끝엔 서로 의리로나마 지내 시행착오
kkeuten seoro uirironama jinae sihaengchago

난 하루하루가 불안해
nan haruharuga buranhae
네 그 순수함이 부담돼
ne geu sunsuhami budamdwae
하지만 오늘 밤만큼은
hajiman oneul bammankeumeun
I WANT YOU TO STAY

내게 너무 많은 걸 바라지마
naege neomu manheun geol barajima
나도 그댈 잃고 싶진 않아
nado geudael ilko sipjin anha
깊어지기 전에 상처 입기 전에
gipeojigi jeone sangcheo ipgi jeone
날 믿지 말아요
nal mitji marayo

넌 항상 그래
neon hangsang geurae
이기적인 새끼
igijeogin saekki

우리 사랑하지 말아요 아직은 잘 모르잖아요
uri saranghaji marayo ajigeun jal moreujanhayo
사실 조금은 두려운 거야
sasil jogeumeun duryeoun geoya
그대 미안해요
geudae mianhaeyo
우리 약속하지 말아요 내일은 또 모르잖아요
uri yaksokhaji marayo naeireun tto moreujanhayo
하지만 이 말 만은 진심이야
hajiman i mal maneun jinsimiya
그대 좋아해요
geudae johahaeyo

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Malam ini nulis lagi deh. Hmm, aku mau kasih tahu lagu yang lagi aku suka nih. Lagunya enak, liriknya juga sampai menyentuh lubuk hati. :p

Ya...for the main reason sih lagu ini aku sukai karena mewakili apa yang aku rasa. Tahu friend-zone? Family-zone? Kecengan-zone? Ya, lagu ini semacam menceritakan tentang hal itu lah. Mungkin sebagian dari kamu juga ada yang merasakannya. Merasa nyaman ketika berada di zona persahabatan/pertemanan dengan lawan jenis karena sebuah alasan tertentu. Meski kamu dan dia saling suka, tapi kamu gak mau pacaran karena gak mau memuaskan nafsu untuk memiliki seseorang. Secara gak langsung, dengan memiliki seseorang kita bakal lebih egois. Makanya kita lebih memilih zona ini.

Mungkin sebagian dari kamu juga ada yang belum mengerti bahasa korea di atas, ya? Oke, aku paham. Cieee... aku selalu pengertian(?). :3

Memang ini alasannya, kenapa aku menulis artikel ini. Aku mau menulis apa arti dari lagu ini dan menguraikannya persis seperti alasan kenapa aku gak mau jatuh cinta, garis bawah pacaran walaupun sama-sama punya rasa. Tetap bersama kami di channel kesayangan Anda! :p

우리 사랑하지 말아요 아직은 잘 모르잖아요
Uri saranghaji marayo ajigeun jal moreujanhayo.
Let’s not fall in love, we don’t know each other very well yet.
"Kita jangan sampai jatuh cinta dulu, kita masih belum saling mengenal satu sama lain."
Buat apa sih jatuh cinta, kalau kita belum saling mengenal? Orang-orang percaya pepatah, "dari mata turun ke hati". Seolah perkataan itu sudah gak asing bagi orang-orang yang diserang virus merah jambu. Tapi, kalau jatuh cinta hanya karena rupa, buat apa coba? Kalau mencintai manusia dari rupa, bagaimana dengan mencintai Tuhan yang tanpa rupa? Makanya, menurut aku sih, cinta pandangan pertama hanyalah sebuah mitos belaka. Aku juga berpikir, kalau suka dengan orang yang baru kita kenal dan kita gak pernah berteman dengannya, itu semacam mainan. Kita kan belum saling mengenal dengan baik, kenapa bisa saling mencintai? Bahkan sekali pun menjadi teman, kayaknya belum tentu bisa mengenal dengan baik atau saling menjaga perasaan satu sama lain. Hehe. :3

사실 조금은 두려운 거야 , 그대 미안해요.
Sasil jogeumeun duryeoun geoya, geudae mianhaeyo.
Actually, I’m a little scared, I’m sorry.
"Sebenarnya aku sedikit merasa takut, Aku sungguh minta maaf."
Kenapa sih aku gak mau terlibat dengan percintaan yang kebanyakan melibatkan kisanak muda? Karena sebenarnya aku takut. Cinta mirip setan gentayangan, selalu memenuhi pikiran gitu. Hahaha... gak, bukan itu alasannya. Aku takut itu semua ucapannya hanya janji kosong. Aku takut itu semua hanya umpan untuk mendapatkan yang lainnya. Aku takut semua itu ada maunya. Aku takut hanya menjadi pelampiasan. Aku takut dengan semua yang bisa bikin patah hati. Yap. AKU TAKUT PATAH HATI.

우리 약속하지 말아요, 내일은 또 모르잖아요.
Uri yaksokhaji marayo, naeireun tto moreujanhayo.
Let’s not make promises, you never know when tomorrow comes.
"Kita jangan buat janji dulu, kau tak pernah tau kapan esok akan datang."
Aku gak pernah mau menerima janji. Janji apa pun. Aku paling anti dengan yang namanya janji, apalagi melibatkan cinta. Kamu tahu? Hati manusia mudah berubah. Kita gak akan pernah tahu, gimana keadaan esok hari. Masih bersama atau gak? Siapa yang tahu kecuali Tuhan. Pokoknya jangan pernah buat janji manis sama aku, karena aku memang gak mau janji itu berubah jadi pahit.

하지만 이 말 만은 진심이야, 그대 좋아해요.
Hajiman i mal maneun jinsimiya, geudae johahaeyo.
"Tapi aku sungguh-sungguh ketika mengatakan, aku menyukaimu."
Aku memang suka sama dia, memang dekat. Sering bercanda, tertawa bersama, saling merasa nyaman satu sama lain. Walaupun aku gak mau pacaran dengannya, bukan berarti aku main-main dengan perasaan terhadapnya.

아무것도 묻지 말아요, 대답할 수 없어요. 지금 이렇게 둘이 행복한데 왜.
Amugeotdo mutji marayo, daedaphal su eobseoyo. Jigeum ireoke duri haengbokhande wae.
Don’t ask me anything, I can’t give you an answer. We’re so happy as we are right now.
"Jangan tanyai aku apapun, aku tak bisa memberikanmu jawaban. Bukankah kita sangat bahagia seperti sekarang ini."
Jangan pernah tanya tentang alasan aku gak mau pacaran. Aku gak akan bisa menjelaskan tentang itu. Paling hanya bisa bergumam di dalam hati, alasan kenapa aku lebih memprioritaskan persahabatan. Tahu kan, perbedaan sahabat dan pacar? Sahabat gak akan pernah tinggalin kita, apalagi sampai lepas kontak. Tapi pacar, seandainya ia dapat yang lebih baik, pasti dia sudah meninggalkan kita dan keberadaannya setelah pisah pun dipertanyakan, sekali pun masih ada yang tersisa hanya kecanggungan. Aku gak mau aja, kalau nantinya pacaran dan harus berujung dengan perpisahan, kemudian dia meninggalkan aku dan menghilang. Bukankah dengan kita bersahabat begini sudah membahagiakan?

날 가지려 하지 말아요, 그저 이대로 조금만 있어요. 갈수록 더 마음 아파지게, 왜?
Nal gajiryeo haji marayo, geujeo idaero jogeumman isseoyo. Galsurok deo maeum apajige, wae?
"Jangan mencoba memilikiku, mari kita tetap seperti ini. Kau hanya akan membuatnya lebih menyakitkan, mengapa?"
Apa pun yang terjadi, sekali pun rasa itu semakin mendesak untuk saling memiliki, jangan pernah mencoba buat tembak aku dengan rasa itu. Aku gak akan pernah mau pacaran, ikatan yang semu dan bisa menghilang kapan saja hanya meninggalkan seberkas luka yang sulit dilupakan. Dengan melihat usaha untuk memiliki aku, itu semakin membuat aku kasihan. Melihatnya semakin menyakitkan dan miris, berjuang mati-matian untuk mendapatkan tapi ujungnya meninggalkan?

잦은 만남 뒤엔 이별, 계속 반복되는 실연.
Jajeun mannam dwien ibyeol, gyesok banbokdoeneun siryeon.
Goodbyes after our frequent meet-ups, repetition of broken hearts.
"Selamat tinggal setelah kita sering bertemu dan berbincang. Mengulangi lagi patah hati."
Apa coba yang bakal kita dapat kalau memilih pacaran dan kemudian putus? Gak ada. Paling bakal say goodbye. Padahal apa yang dilakuin sebelum putus? Bertemu, kangen-kangenan, berbincang, dan semua itu tiba-tiba menghilang hanya karena sebuah kata "PUTUS"? Hanya bikin patah hati, terus saja begitu berulang kali gak ada habisnya. :|

더는 의미를 찾을 수 없어  어리석은 미련, 사랑의 탈을 쓴 MISTAKE.
Deoneun uimireul chajeul su eobseo  eoriseogeun miryeon, sarangui tareul sseun MISTAKE.
I can’t find a purpose in these foolish feelings, a mistake with the mask of love.
"Aku tak bisa menemukan tujuan didalam perasaan bodoh itu,sebuah kesalahan dengan memakai topeng cinta."
Sebenarnya apa tujuan jatuh cinta? Apa tujuan saling mengasihi lewat pacaran? Bahkan aku gak pernah tahu apa yang aku cari dalam hubungan asmara. Cuma sekelebat perasaan yang membodohi? Sebuah kesalahan yang dikemas dengan hal yang berbau romantisme? Bahkan cinta yang tampak indah, dalamnya penuh duri yang menyayat hati. Jatuh cinta, sudah jatuh masih tetap cinta. Perasaan yang bodoh.

느끼는 감정은 다 비슷해, 하지만 이 순간만큼은 I WANT YOU TO STAY.
Neukkineun gamjeongeun da biseuthae, hajiman i sunganmankeumeun I WANT YOU TO STAY.
All the feelings are the same now, but in this moment, I want you to stay.
"Semua perasaan itu sama saja sekarang, tapi dimoment ini, aku ingin kau untuk tinggal."
These feelings are nothing. Gak ngaruh bagi aku. Toh, yang aku kejar bukan cinta. Tapi yang aku mau... I WANT YOU TO STAY, DON'T LEAVE ME ALONE.

나를 보며 웃지 말아요. 정들면 슬퍼져요. 예쁜 그 미소가 눈물이 될까 봐.
Nareul bomyeo utji marayo. Jeongdeulmyeon seulpeojyeoyo. Yeppeun geu misoga nunmuri doelkka bwa.
Don’t smile at me. If I get attached to you, I’ll get sad. I’m afraid that pretty smile will turn into tears.
"Jangan tersenyum padaku. Jika aku terlalu melekat padamu, aku akan sedih. Aku takut jika senyuman indah itu akan berubah menjadi air mata."
Maksudnya, jangan terlalu mengharapkan aku, jangan terlalu sering membuat aku tertawa. Aku takut merasa nyaman, aku takut semakin gak bisa lepas darinya. Saat saling merasa nyaman, perasaan itu akan tumbuh semakin subur. Ketika aku melakukan kesalahan, aku takut kesalahan itu melukai perasaannya dan membuatnya meneteskan air mata. Kan sedih. :"

사랑이란 두 글자 속에, 우릴 가두려고 하지 말아요. 채우지 못할 욕심이니까.
Sarangiran du geulja soge, uril gaduryeogo haji marayo. Chaeuji mothal yoksiminikka.
Don’t try to trap us. In the word, love. Because it’s a greed that can’t be filled.
"Jangan mencoba menjebak aku, di dalam kata, di dalam cinta. Karena semua itu hanyalah keserakahan yang tak bisa dipenuhi."
Tahu maksudnya menjebak? Modusin. Gombalin. Mengumbar janji manis. Merayu. Itu hal yang dilakukan buat menarik hati, membuat seseorang jatuh cinta. Tapi sebenarnya, kalau itu dilakukan bakal berbahaya. Seandainya itu hanya candaan dan bisa menyebabkan korbannya bawa perasaan, itu namanya memberi harapan palsu. Jangan pernah bilang kalau itu namanya baper. Ingat! GAK AKAN ADA YANG NAMANYA BAPER KALAU GAK ADA YANG CAPER. Baca tuh, sudah aku capslock juga. :p

처음엔 설렘을 안고, 반은 고민을 안고. 끝엔 서로 의리로나마 지내 시행착오. Cheoeumen seollemeul ango, baneun gomineul ango. Kkeuten seoro uirironama jinae sihaengchago.
At first, it was half excitement, half worries. But in the end, it became an obligation, trial and error.
"Pada awalnya ada kegembiraan, juga ada masalah yang dihadapi. Tapi pada akhirnya itu menjadi sebuah kewajiban, mencoba dan gagal."
Mungkin awalnya dengan saling jatuh cinta sangat menggembirakan. Tapi semua gak akan pernah luput dari permasalahan yang selalu datang berkala. Sampai itu menjadi rutinitas, permasalahan menjadi makanan pokok di antara kita. Ciee kita. Terus berusaha menyelesaikannya, tapi gagal dan akhirnya menyerah. Akhir dari segalanya, percintaan musnah karena tak mampu menyelesaikan masalah. B|

난 하루하루가 불안해, 네 그 순수함이 부담돼. 하지만 오늘 밤만큼은
I WANT YOU TO STAY.
Nan haruharuga buranhae, ne geu sunsuhami budamdwae. Hajiman oneul bammankeumeun I want you to stay.
"Hari demi hari aku gugup, kepolosanmu terlalu banyak menekanku. Tapi pada malam ini, aku ingin kau untuk tinggal."
Gak mungkin kalau suatu saat perasaan tumbuh ia bakal mati begitu saja, pasti bakal tumbuh semakin subur. Aku merasakannya, tapi aku menahannya. Aku semakin cemas, aku takut dengan perasaanku sendiri. Persahabatan di atas segalanya. Dia yang hanya tahu kalau ia merupakan sahabatku dan telah aku cegah untuk jatuh cinta sama aku, akan selalu mendekat padaku. Debar jantung, pipi merona, tersipu malu, bakal terjadi pada diriku dan semakin menekanku. Walaupun rasanya ingin mengungkapkannya, tapi aku tetap menahannya karena aku mau dia tetap tinggal dan gak pernah pergi.

내게 너무 많은 걸 바라지마. 나도 그댈 잃고 싶진 않아. 깊어지기 전에 상처 입기 전에, 날 믿지 말아요.
Naege neomu manheun geol barajima. Nado geudael ilko sipjin anha. Gipeojigi jeone sangcheo ipgi jeone, nal mitji marayo.
Don’t expect too much from me. I don’t wanna lose you either. Before things get too deep, before you get hurt, don’t trust me.
"Jangan berharap terlalu banyak dariku. Aku juga tak ingin kehilanganmu. Sebelum semua menjadi terlalu dalam, sebelum kau terluka, jangan percaya padaku."
Apa pun yang terjadi, sebesar apa pun perasaan itu. Jangan pernah berharap buat jadi pacarku. Aku gak mau ada yang meminta, berjuang untuk aku. Aku mau semuanya seperti biasa, bahagia tanpa saling jatuh cinta. Saling memperhatikan satu sama lain dalam diam. Mengubur rasa yang ada. Saling melindungi tanpa harus memiliki. Bukannya aku gak mau menyayangi sama seperti caranya menyayangiku, tapi aku gak mau kehilangan dia sebagai orang yang mampu membuat nyaman. Jangan percaya padaku, jangan titipkan hati padaku. Aku takut menghancurkannya dan mengecewakan perasaan itu. Sebelum semuanya semakin dalam, simpan saja rasa itu di dalam hati. Biarkan ia tumbuh sampai aku dan kamu(?) Siap naik pelaminan, terikat janji sejati bukan janji yang semu lagi. :3

넌 항상 그래. 이기적인 새끼!
Neon hangsang geurae. igijeogin saekki!
You’re always like that. Selfish bastard!
"Kau selalu saja seperti ini. Dasar bajingan egois!"
Dan aku tahu, setiap kali aku menolak untuk jatuh cinta, itulah yang mau dikatakannya. Maaf. :"

Thanks to:
» BIGBANG «
Yang menyanyikan lagu ini dan menyiratkan makna di dalamnya.

» KAMU IYA KAMU :p «
Sebagai orang yang setia berada di dekatku. 

» FREE TIME «
Menyediakan waktu untuk berpikir dan membuat artikel gak mutu kayak gini. XD

Selamat! Anda membuang waktu untuk membaca tulisan tidak berbobot ini. :p
Thanks so much.

Baobao♡

January 10, 2016

Love Yourself

2:06 AM 0 Comments

For all the times that you rain on my parade
And all the clubs you get in using my name
You think you broke my heart, oh girl for goodness sake
You think I'm crying on my own, well I ain't

And I didn't wanna write a song
Cause I didn't want anyone thinking I still care
I don't but, you still hit my phone up
And baby I be movin' on
And I think you should be somethin'
I don't wanna hold back, maybe you should know that

My mama don't like you and she likes everyone
And I never like to admit that I was wrong
And I've been so caught up in my job, didn't see what's going on
But now I know, I'm better sleeping on my own

Cause if you like the way you look that much
Oh, baby, you should go and love yourself
And if you think that I'm still holdin' on to somethin'
You should go and love yourself

And when you told me that you hated my friends
The only problem was with you and not them
And every time you told me my opinion was wrong
And tried to make me forget where I came from

And I didn't wanna write a song
Cause I didn't want anyone thinking I still care
I don't but, you still hit my phone up
And baby I be movin' on
And I think you should be somethin'
I don't wanna hold back, maybe you should know that

My mama don't like you and she likes everyone
And I never like to admit that I was wrong
And I've been so caught up in my job, didn't see what's going on
But now I know, I'm better sleeping on my own

Cause if you like the way you look that much
Oh, baby, you should go and love yourself
And if you think that I'm still holdin' on to somethin'
You should go then

[Instrumental]

For all the times that you made me feel small
I fell in love, now I feel nothin' at all
And never felt so low when I was vulnerable
Was I a fool to let you break down my walls?

Cause if you like the way you look that much
Oh, baby, you should go and love yourself
And if you think that I'm still holdin' on to somethin'
You should go and love yourself
Cause if you like the way you look that much
Oh, baby, you should go and love yourself
And if you think that I'm still holdin' on to somethin'
You should go and love yourself

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Malam ini gak bisa tidur, jadi aku buat tulisan saja deh. Ya memang gak bermutu isinya, tapi setidaknya aku punya kerjaan. Nah, tadi aku putar lagu dan liriknya dalam banget. Ceritanya di dalam lagu ini semacam pasangan yang berbeda pandangan gitu. Menurut aku sih ini cocok juga sama situasi aku saat ini. Hahaha. Ya berhubung aku cewek, jadi aku ceritanya melalui sudut pandang cewek ya. Walaupun liriknya itu jelas tertuju buat "girl".

For all the times that you rain on my parade.
Untuk seluruh waktu yang kamu beri untuk menghiasi hariku.
Di mana semuanya itu begitu indah, kadang menyakitkan, kadang pula menjengkelkan. Ya begitulah.

And all the clubs you get in using my name.
Setiap masuk ke klub malam menggunakan namaku.
Ya, aku kan bukan anak klub, jadi perumpamaannya hanya melakukan apa-apa dengan mengatasnamakan aku gitu lho. Nah, mungkin supaya ingat terus gitu ya. Semacam ganti password facebook atau media sosial lainnya gitu pakai nama aku atau ganti pin ATM kayak tanggal lahir aku. Hahaha. XD

You think you broke my heart, oh girl for goodness sake.
Kamu pikir kamu menyakiti hatiku demi kebaikan.
Nah ini sudah agak dalam liriknya, di mana pasangan itu putus dengan alasan sok baik. Ya bilangnya, kamu terlalu baik buat aku lah, kita sudah gak cocok lah, lebih baik kamu cari yang bisa lebih sayang sama kamu lah. Pret. :p

You think I'm crying, oh my oh, well I ain't.
Kamu pikir aku menangis, oh, aku tidak.
Ya di mana-mana sih kalau putus menangis ya, tapi di sini aku gak nangis. Buat apa gitu lho menangis buat hal yang gak terlalu penting. Sok-sokan mengutuk cinta kayak emaknya Maling Kutang. Eh. Malin Kundang. Apalagi menangisi orang yang sudah membuang kita seutuhnya, datang dan pergi seenaknya, gak adil kan? Gak usah menangis makanya. :p

And when you told me that you hated my friends. The only problem was with you and not them.
Dan ketika kamu bilang kalau kamu benci teman-temanku. Masalahnya hanya padamu, bukan mereka.
Ini nih yang paling menjengkelkan, di mana aku harus menjauhi teman dan berhenti jalan-jalan bersama teman karena selalu dapat protes. Seolah ada yang gak suka aku bersama temanku terutama teman cowok. Padahal sebelum aku mengenalnya pun, aku sudah mengenal teman-temanku terlebih dahulu. Cemburu lah, gak ada waktu buat dia lah, atau apalah. Kan rasanya ingin cekik dia kalau kayak gitu. Anehnya, hal seperti itu hanya terasa sama dia sedangkan temanku biasa saja. Bahkan temanku menyukainya. Ah, bodo amat. Gak urus. XD

And every time you told me my opinion was wrong. And tried to make me forget where I came from.
Dan selalu kamu bilang pemikiranku salah. Dan mencoba membuat aku lupa dari mana aku berasal.
Selalu salah begitu ya? Harus menuruti segala kemauannya? Aku juga punya otak dan pendirian sendiri. Sehingga aku harus terbawa dengan jalan hidupnya sampai lupa bagaimana caranya untuk menjadi diri sendiri. Lupa dari mana aku berasal dan bagaimana keadaan habitat asalku. 

And I didn't wanna write a song cause I didn't want anyone thinking I still care.
Dan aku gak mau menulis lagu karena aku gak mau orang-orang berpikir aku masih peduli. 
Biasanya musisi kan membuat lagu sesuai apa yang dirasakan. Tapi kan aku bukan musisi nih, hanya penikmat lagu. Nah, kan bawaannya ingin dengar lagu yang tenang, yang pas buat suasana hati, apalagi kalau liriknya pas banget sama keadaan hati yang terluka karena habis putus itu. Halah, malah semakin baper [read: bawa perasaan]. Makanya, kalau lagi galau jangan dengar lagu yang bikin semakin baper. Cobalah dengar lagu yang melawan arus hati. Daripada orang melihat kamu rendah karena masih peduli sama mantan. :v

I don't but, you still hit my phone up
And baby I'll be movin' on.
Aku gak melakukannya, tapi kamu tetap menghubungi aku. Oh, Sayang, aku akan tetap melangkah.
Ya, mungkin kalau awal-awal gak begitu ya. Tapi, kalau sudah lama? Lihat saja deh. Hahaha. Ya, sebagai gantinya nih di zaman teknologi begini lihat mantan lewat timeline saja langsung baper dan gak bisa move on. Inilah sebabnya kenapa orang-orang yang habis putus itu banyak blok facebook mantan, unfollow twitter, dc BBM, soalnya membantu buat move on. Untungnya sekarang sih ada fasilitas buat hide user, jadi gak perlu menghilangkan kontaknya tapi go ahead keep moving on. #pengalaman banget ya. Mungkin dulu owner media sosial juga pernah gagal move on kali ya. Hahaha. XD

And I think you should be somethin' I don't wanna hold back, maybe you should know that.
Dan aku pikir kamu harus membuat aku tak mau kembali, mungkin kamu harus tahu itu.
Tuh baca, mantan harusnya bantu move on dong jangan bikin gagal move on. Kasih waktu beberapa lama lah buat move on, baru setelah itu bisa hubungi lagi. Janganlah egois, pikirkan juga perasaan orang yang dulu sempat kamu sayangi. #asik :3

My mama don't like you and she likes everyone.
Mamaku gak suka sama kamu dan dia suka semua orang. 
Di sini ada alasan kenapa aku harus move on. Karena Mama gak suka sama dia tapi suka sama semua orang, itu berarti dia satu-satunya orang yang gak disukai sama Mama. Maybe, she thinks that I'm still her little princess that shouldn't have to know about love. Ya, Mama masih mau sama gadis kecilnya, dengan kehadiran lelaki di hidupku akan membuat aku lebih dekat dengan pernikahan dan ada yang memiliki aku. Gitu lho. Makanya Mama gak rela kalau gadisnya yang cimit ini sudah kenal cinta-cintaan. '3'

And I never like to admit that I was wrong.
Dan aku gak suka mengakui kesalahan.
Cewek selalu benar mungkin ya. Jadi keras kepala gitu. Ya apalagi kalau ada masalah, sama-sama keras kepala gak akan menyelesaikan masalah. Inilah sifat yang aku miliki, aku keras kepala karena aku tetap pada pendirianku sendiri.

And I've been so caught up in my job, didn't see what's going on.
Dan aku sangat sibuk dengan pekerjaanku, tak tahu apa yang terjadi.
Maaf aku sibuk sekarang, gak ada waktu buat pikirin cinta-cintaan atau semacamnya. Aku gak tahu apa yang terjadi pada orang-orang yang ada dalam zona percintaan dan...GAK MAU TAHU. :p

But now I know, I'm better sleeping on my own.
Tapi sekarang aku tahu, lebih baik aku tidur sendiri.
Cinta masa lalu cukup memberikan pelajaran buat aku. Aku pun bisa menyimpulkan di mana cinta itu bukan sebuah mainan. Lebih baik aku menjaganya jangan sampai disentuh apalagi tergores dan hancur sampai aku siap. Aku memilih sendiri sampai tiba saatnya ada yang melamar. (*0*/\)

Cause if you like the way you look that much. Oh, baby, you should go and love yourself.
Karena kalau kamu suka cara pandangmu. Pergilah kamu dan cintai dirimu.
That's why I should move on. Ketika pikiran sudah berbeda, sama-sama keras kepala dan gak ada yang mengalah. Lebih baik pergilah, cintai apa yang menurutnya baik. Jangan sampai aku terbawa olehnya. :3

And if you think that I'm still holdin' on to somethin'. You should go and love yourself.
Dan kalau kamu pikir aku masih menahan sesuatu. Pergilah kamu dan cintai dirimu.
Just let him go. Gak usah ditahan lagi, kalau sudah gak ada rasa ya sudah mau bagaimana lagi juga gak bisa dipaksa. Karena sesuatu yang gak bisa berbohong adalah perasaan. Biarkan dia mencintai apa yang menurutnya menyenangkan, gak perlu ditahan. Cobalah perlahan mengobati lukamu sendiri walaupun terasa sakit. Setidaknya, perlahan luka itu akan sembuh. ^^


For all the times that you made me feel small.
Setiap kali kamu membuatku merasa kecil.
Dibuat down berulang kali karena hanya kritikan yang bisa doi sampaikan. Pfft~ panas kuping yang ada bukannya berubah menjadi lebih baik karena hanya dapat kritikan dan disudutkan begitu tanpa dituntun untuk jadi lebih baik.

I fell in love, now I feel nothin' at all.
Dulu aku jatuh cinta, sekarang aku gak merasakan apa pun.
Ya, ilfeel [read: hilang perasaan]. Rasa yang dulunya berbunga setiap melihat si doi tiba-tiba berubah karena sikapnya dan membuat perasaan itu becomes nothing gitu lho.

And never felt so low when I was vulnerable.
Dan gak pernah merasa sakit saat aku rentan.
Karena sudah terbiasa tersakiti, akhirnya terus disakiti pun gak ada rasanya sama sekali. So, my heart can't feel the pain anymore.

Was I a fool to let you break down my walls?
Bodohkah aku membiarkanmu menghancurkan dindingku?
Ya, inilah penyesalannya. Kenapa dulu aku membiarkannya masuk ke dalam hati dan mengacak isi yang ada di dalamnya. Setelah itu keluar tanpa membereskannya. Di sini ada sesuatu yang bisa dipelajari, jangan sembarangan membuka hati untuk orang lain. :)

Itulah, sebagian kisahku. Aku gak mengutuk yang namanya cinta, tapi aku mendapat pelajaran berharga tentang cinta. Di mana hati lebih rapuh dari kaca, sekalinya disentuh bisa saja ia hancur berkeping-keping. Namun, tidak akan hancur jika kita hati-hati menyentuhnya dan selalu menjaganya. 

Thanks to:
Imagination yang membuat aku menulis ini.

Justin Bieber yang menyanyikan lagu ini sebagai perwakilan apa yang aku rasakan.

Ex Lovers yang memberikan pelajaran berharga tentang perasaan.

Insomnia yang membuat aku melek sampai jam dua pagi dan mendorong aku untuk berkarya pada dini hari.


December 16, 2015

Surat Terkutuk

2:42 PM 0 Comments
Untuk seseorang yang aku cinta.


Kamu yang memandang secarik kertas busuk ini, kamu yang memandang tulisan haram ini, kamu yang memikirkan makna sampah ini, kau selalu baik bukan? Ya, aku tahu itu. Kau sakit? Aku tak mampu mengobatimu, karena aku tahu hanya dia yang mampu mengobati segala luka padamu.

Kau sakit, dia yang mengobati. Dia sakit, kau yang mengobati. Lalu bagaimana denganku? Aku disini sendiri, tiada yang mengobati dan tiada yang menemani. Apa aku terabaikan dikala kau dan dia bahagia? Apakah aku harus terpaku melihat kebersamaan dua insan yang saling mencinta sedangkan aku disini mematung dalam kesakitan yang mendalam?

Aku bingung. Hidupku suram ketika mendapatimu jalan berdua bersamanya. Aku tak tahu bagaimana melepas kerinduan ini. Sekedar melihatmu itu tak cukup bagiku, sekedar menatapmu dari kejauhan tak terasa bagiku. Terlebih lagi jika aku melihatmu dengannya. Hatiku bukan lega tetapi terasa sesak dan ingin berteriak melepas semua beban di hatiku.

Kumohon berikanlah aku celah untuk memasuki hatimu. Sedikit balasan sudah cukup bagiku. Sedikit penghargaan atas pengorbananku membuat hatiku bahagia. Tak bisa kah satu kali saja kau berkorban untukku?

Kumohon...selama aku masih merindukanmu, buatlah aku selalu nyaman bersamamu. Selama aku masih menyayangimu, buatlah aku selalu tersenyum padamu. Selama aku mencintaimu, buatlah aku selalu bahagia karenamu. Mustahil...itu tak mungkin.

Aku tahu pengorbananmu hanya untuk dirinya. Kau telah membunuhku dengan cintamu. Meski pun raga ku ini masih hidup, tapi kau harus tahu cintaku ini sudah mati terbunuh api cinta yang selalu membara karena kau dan dirinya.

Subscribe