30 Juni 2019

Adab Silaturahmi

Haloooo!
Kembali lagi bersama saya di channel ini. Hohohoho. Well, ini merupakan postingan penutup di bulan Juni. Semoga menjadi sebuah postingan yang bermanfaat.

Kali ini, aku akan membahas tentang adab bersilaturahmi. Aku gak akan bawa-bawa hadits ataupun dalil, pokoknya gak ada sangkut pautnya dengan agama. Gak sama sekali. Soalnya aku bukan ustadz. Wkwkwk.
#Ya iyalah, situ cewek. XD

Mengapa aku angkat tema ini? Sebab, banyak orang yang sering merasa tersinggung dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika kumpul bersama keluarga besar, seperti lebaran, tahun baru, natal, imlek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, aku mengambil judul "Adab Silaturahmi" untuk postingan ini. Aku akan membahas "what should we do and don't ketika berkumpul bersama keluarga besar".


illustration by dribbble on Pinterest

Kita pasti sering mendengar topik-topik obrolan yang "cukup" menyinggung, seperti: 
"Kapan lulus?"
"Kapan nikah?
"Gendutan ya"
"Masuk jurusan anu mau jadi apa?"
Kesal rasanya. Mulut kok bisa enteng banget kalau ngomong. Mungkin bagi yang bertanya, itu hanya pertanyaan biasa saja, tapi kalau bagi yang ditanya? Serius, itu merupakan pertanyaan yang membuat hati berbunyi "kretek". 

"Cuma basa-basi buat membuka obrolan kok, gak usah dimasukkan ke dalam hati."
Haruskah basa-basi dengan pertanyaan atau pernyataan yang menghakimi dan cukup menyinggung perasaan orang lain? No! Yang ada, orang yang disapa malah bete duluan karena pertanyaan itu dan justru sama sekali gak minat buat melanjutkan obrolan.

Lalu, bagaimana cara basa-basi yang gak menyinggung perasaan? Kita bisa mengganti pertanyaan-pertanyaan itu dengan pertanyaan yang lebih "halus". Simak poin-poin berikut ya. 

1. Kapan Lulus?

👩 Semester berapa sekarang?
👦 Semester delapan.
👩 Kapan lulus?
👦 ....... Wallahu alam.

Buat mahasiswa tingkat akhir, pasti ini merupakan topik yang sangat amat sensitif banget sekali. Saking sensitif sampai pemborosan kata tuh. Apalagi, kalau mahasiswa lagi pusing banget cari tema dan bahan buat dibahas dalam skripsi. Jauh-jauh deh dari pertanyaan ini kalau gak mau di"gas" sama mereka. XD

Lalu harus tanya apa dong? Begini.

"Sekarang lagi sibuk ngapain nih?"

Itu lebih baik, bukan? Setidaknya, kita gak tiba-tiba menghakimi dia. Bisa jadi, dia gak cuma sedang sibuk dengan kuliahnya saja. Mungkin saja, dia kerja part-time sambil kuliah untuk mencari pengalaman terlebih dahulu atau sedang dalam proses mengerjakan skripsi. Pembuatan skripsi gak hanya semalam jadi, itu masih sering direvisi dosen pembimbing ya, tolong. :)

Buang deh jauh-jauh pertanyaan yang cukup menyinggung perasaan orang lain dan mulai pahamilah apa penyebab dia belum lulus kuliah saat ini. Sebab, pertanyaan "kapan" itu gak jelas jawabannya. Kalau aku sebagai orang yang ditanya pun, mana aku tahu jawabannya. Masa depan yang tahu kan hanya Tuhan. Hehehe.

2. Kapan kerja? Kapan nikah? Kapan punya momongan?

Setelah lulus kuliah:
🧔👩 Kapan kerja?
👶 Gak tahu, mau lanjut S2 dulu.
Setelah kerja:
🧔👩 Kapan nikah?
👦 ........jodohnya aja belum ada. :"(
Setelah nikah:
🧔👩 Kapan punya anak?
👨 ASDFGHJKL. Om dan tante kapan mati?! >:O

Seorang fresh graduate pasti kupingnya panas dengar pertanyaan "kapan kerja?". Yang sudah kerja dan masih jomblo pun, pasti kupingnya panas kalau dengar pertanyaan, "kapan nikah?". Sudah nikah pun masih ditanya, "kapan punya momongan?"

Haduh. Haduh. Lagi-lagi pertanyaan kapan. Mana saya tahu, tanteee ooom neneeek kakeeek mbaaah. 🙄

Jangan tanya kayak gitu deh ya. Sebaiknya, ganti saja dengan pertanyaan lain.

"Setelah ini punya rencana apa untuk ke depannya?"

Berusahalah untuk mendengarkan orang lain, bukan menghakimi seseorang. Rencana setiap individu itu berbeda, ada yang baru lulus ingin kerja, ada yang ingin melanjutkan S2, ada yang ingin langsung nikah, ada yang tidak ingin/tidak bisa punya anak karena suatu alasan, ada yang ingin menghabiskan masa mudanya sebelum menikah. 

Jangan sama ratakan rencanamu dengan rencana orang lain. Jodoh, rezeki, dan jalan kehidupan itu gak ada yang tahu kecuali Sang Pencipta. Kalau masih tanya "kapan", gak sekalian saja tanya kapan mati? Biar hidup gak selalu memikirkan dunia. :)

3. Gendutan ya. Ih kok jerawatan sih?

👩 Gendutan ya.
👧 .....ya terus?
👩 Kok jerawatan?
👧 .....ya terus? Gue harus bilang WOW gitu?

Ini namanya body shaming. Jelas, itu komentar yang amat gak berbobot sebenarnya. Buat apa sih mengomentari tubuh orang lain? Gendut, kurus, putih, hitam, jerawatan, atau glowing, bukan urusan siapa pun selain empunya si tubuh.

Lemak atau jerawat itu murni efek dari pola hidup dan reaksi tubuh. Kalau dia jerawatan, kurusan, atau gendutan, mungkin karena pola hidupnya yang sedikit berantakan atau stres atau lainnya. Dengan berkomentar hal yang "menyinggung" seperti itu, justru menimbulkan tekanan yang bisa menyebabkan dia tambah stres dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Haruskah bentuk tubuh dan wajah menyesuaikan ekspektasi orang lain? 

Daripada berkomentar tentang bentuk tubuh, mengapa tak coba kita ganti pertanyaan itu dengan mengomentari baju yang dia pakai, misalnya:

"Style-mu keren. Baju itu beli di mana? Kasih tahu dong cara mencocokkan outfitnya."

Itu tak akan menyinggung perasaan orang lain, bukan? Yang ditanya pun, pasti menjawab dengan senang hati daripada harus menjawab komentar "gendutan" dengan segala kedongkolan yang merambat dalam hati.

4. Masuk jurusan ini mau jadi apa?

Ini nih! Ini! Pertanyaan yang menyinggung mahasiswa jurusan "yang tidak terkenal". Aku termasuk salah satu orang yang sering mendengar pertanyaan ini. 

👩 Kuliah jurusan apa?
👧 Sastra Jepang.
👩 Hah? Kalau sudah lulus mau jadi apaan?
👧 Jadi doraemon. -_-

Mungkin buat seseorang yang jurusan kuliahnya cukup familiar di telinga masyarakat, gak akan tersinggung dengan pertanyaan ini. Tapi, untuk seorang mahasiswa dari jurusan yang tidak familiar di telinga masyarakat akan merasa agak kesal dengan pertanyaan ini. Sebab, pertanyaan itu terlalu to the point dan seolah memandang jika jurusan itu tidak punya masa depan yang cerah. Miris emang ya. 

Lalu bagaimana untuk menangkal pertanyaan ini agar tidak menyinggung?

Berikut step untuk bertanya:
👩 Kuliah jurusan apa?
👧 Sastra Jepang.
👩 Belajar apa aja tuh?
👧 Belajar bahasa jepang, budaya, sastra, linguistik, dan lain-lain.
👩 Ooh, susah gak belajarnya?
👧 Ya susah-susah gampang.
👩 "Terus prospek kerjanya apa?"

"PROSPEK KERJANYA APA?"

Yeah! That's right! Prospek kerja. Itu kan tujuanmu bertanya? Basa-basi sedikit lah supaya terdengar lebih halus. Lama? Ya namanya juga komunikasi dan bercengkerama, kan? Gak mungkin juga nanyain itu waktu papasan di jalan.

Berpapasan di jalan
👩 Eh mau ke mana?
👧 Mau ke kampus, Tante. Tante mau ke mana?
👩 Mau ke pasar nih. Kalau udah lulus mau jadi apa?
👧 Paan si.

Gak mungkin juga, kan?! 

Segitu dulu deh pembahasan yang akan aku bahas kali ini. Mungkin terkesan gak serius tapi ini serius kok cuma versi gak serius. #Plakkk. Apa sih. xD

Have a nice day,

Michiko♡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar