23 Oktober 2019

Rest In Peace, Sulli

Pada tanggal 14 Oktober 2019, dunia hiburan Korea berduka atas kepergian Choi Jinri atau yang dikenal sebagai Sulli mantan personil girlband F(x). Diduga Sulli mengakhiri hidupnya, diketahui ia telah lama mengidap depresi dan mungkin semakin memburuk karena banyak sekali hate comments yang ia terima.

Hari ini aku hanya akan menuliskan opiniku terkait kasus ini, it's pure about social life. Aku akan membahas tentang bagaimana jari-jari manusia ataupun ucapan manusia dapat membunuh seseorang.

Lidah lebih tajam daripada pedang.
Kita semua tahu, teknologi berkembang pesat dan mempengaruhi kehidupan seluruh kalangan masyarakat di dunia. Teknologi dan internet tidak hanya menjangkau dan menghubungkan satu negara saja, bahkan internet dan teknologi dapat menghubungkan seluruh dunia. Salah satu teknologi informasi yang berkembang dan dikenal seluruh kalangan masyarakat adalah sosial media. Hampir seluruh masyarakat dari berbagai kalangan umur menggunakannya, dari mulai anak kecil seumuran SD sampai orang dewasa pun mungkin menggunakannya. Hal ini memang bagus kaitannya dengan perkembangan zaman karena dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat. Tetapi apakah hal ini selalu memiliki dampak yang bagus bagi masyarakat?

Perkembangan teknologi dan informasi mungkin bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan jika penggunanya adalah orang yang cerdas dan bijak dalam penggunaan sosial media. Tetapi hal itu justru akan merugikan apabila tidak digunakan dengan bijak.

Sebagai contoh, satu orang bisa jadi ia memiliki satu akun sosial media atau lebih, bahkan ada yang merahasiakan profil penggunanya alias akun bodong. Karena profil penggunanya yang tidak dapat dilihat, ia jadi seenaknya mengkritik orang lain dan berkomentar pada postingan orang lain bahkan sampai menuliskan kata-kata yang tidak pantas pada postingan seseorang.

Lalu apa hubungannya antara komentar dan kematian seseorang?

Mari kita ambil satu contoh dari kasus kematian mendiang Sulli.
Ketika Sulli keluar dari grupnya, netizen berkata, "Ia egois, tidak memikirkan nasib personil yang lain."
Ketika Sulli berpacaran dengan seseorang yang lebih tua, netizen berkata, "Dia berpacaran dengan om?"
Ketika Sulli tidak memakai bra karena alasan kenyamanan, netizen berkata, "Dia cari perhatian."
Ketika Sulli dikabarkan meninggal, netizen berkata, "Mati sia-sia."

Begitu jahatnya komentar yang dilontarkan oleh ratusan bahkan ribuan pengguna sosial media padahal mereka sama sekali tidak mengetahui alur kehidupan orang yang mereka komentari atau bahkan mereka pun tak pernah berkenalan atau bertatap muka secara langsung.
Apakah sejahat itu ketikan seseorang?
Apakah kalian dapat memikirkan perasaannya ketika orang lain asal saja menilai kehidupan orang lain padahal mereka tak mengetahui apa pun alasan di balik itu semua?
Apakah seseorang harus selalu tampil sempurna di hadapan orang lain tanpa cacat sedikit pun?

Kalian boleh mengkritik seseorang tetapi gunakanlah kata-kata yang membangun, bukan dengan kata-kata yang menjatuhkan atau cenderung menyudutkan seseorang.

Kalian mungkin pernah mendengar sebuah pepatah "Lidah lebih tajam daripada pedang". Maksud dari lidah ini adalah perkataan atau ucapan yang disampaikan kepada orang lain ini amat tajam seperti pedang. Jika kita asal berkomentar dan melontarkan ucapan menyakitkan kepada orang lain tanpa berpikir, kita dapat membunuh seseorang: entah itu membunuh karakternya atau benar-benar membunuh orang tersebut.

Korea Reomit pernah berkata dalam sebuah video, "Jika seseorang bunuh diri karena hate comments, apa itu masih bisa disebut bunuh diri?"

Terlepas dari artis atau bukan, kita semua manusia yang mempunyai hati dan pikiran. Stop bullying, stop hate comments. Berbijaksanalah dalam berkomentar, spread love not hate.


Rest in peace, Choi Jinri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar