5 Maret 2019

Susan, Besok Gede Mau Jadi Apa?

Tahu lagu Susan Punya Cita-Cita yang dipopulerkan Ria Enes?

Susan Susan Susan
Besok gede mau jadi apa
Aku kepingin pinter
Biar jadi dokter
 
Waktu kecil kalau ditanya cita-cita, jawabnya enteng banget. Tapi kenyataannya mewujudkannya nggak seenteng bilang pengen jadi ini atau pengen jadi itu. Mewujudkan cita-cita tuh rasanya berat, kamu nggak akan kuat. Biar Dilan aja(?). 

Baca juga beratnya perjuangan sebagai seorang Pejuang Mimpi

Coba sekarang aku tanya. Kamu mau jadi apa? 

Gampang gak sih buat mejawabnya? Kok aku rasanya berat banget ya mau jawab, dan bingung juga. 

Tulisan ini masih berkaitan dengan kisah sebelumnya tentang kekhawatiran seorang mahasiswa. 

Baca dulu deh apa kekhawatiranku sebelumnya di postingan Aku Masih Bodoh

Ini adalah hal baru saja aku alami. Sekali lagi, perkataan dosen kembali menamparku. Kali ini, yang menamparku dengan perkataannya adalah dosen pengampu kelas menulis. Berkat beliau, aku jadi teringat pada masa studiku yang sudah menginjak semester-semester senja.
Setelah ini kalian mau jadi apa?
Begitu kata beliau, ketika kami sedang membahas tentang tema penelitian yang sederhana. 

Bukannya memikirkan ide lain untuk diusulkan pada perkuliahan itu, aku justru kembali merenung. Pikiranku terasa seperti tersengat oleh kata-kata itu. 

Habis ini (lulus kuliah) aku mau ngapain?
Habis lulus apa yang mau aku kerjakan?
Mau lanjut S2 atau kerja?
Mau kerja apa?
Mau S2 di mana?

Kalimat-kalimat itu mulai menghantuiku. Memang, benar kata orang, semakin dewasa bebanmu semakin berat. Kini, aku masih dilema apa yang akan aku lakukan setelah aku lulus kuliah. 

Jujur, aku berpandangan dengan realistis saja, sebab orientasiku menempuh pendidikan adalah untuk mendapatkan pekerjaan. Aku pun menginginkan pekerjaan yang tentu menghasilkan penghasilan yang tinggi. Di dalam pandanganku, hidup memerlukan uang. Sandang, pangan, papan, semua membutuhkan uang. 

Kini, pikiranku bukanlah mengejar "keinginan" untuk menjadi seorang ini itu anu ono iki kui kae, tetapi kini pikiranku hanyalah "mencari uang untuk tetap bertahan hidup".

Mungkin pandangan kita berbeda. Aku yakin pasti ada pikiran yang tak sejalan denganku. Aku paham itu. Berbeda pendapat dan pandangan boleh saja, tapi tidak perlu menghakimi dan memaksakan pendapat orang lain agar sama dengan kita. 

Bagaimana dengan pendapatmu tentang masa depanmu sendiri? Apa yang akan kamu lakukan untuk hidup ini? Bekerja atau melakukan hal yang kamu inginkan?

Susan, Besok Gede Mau Jadi Apa?
Hmm, mungkin itu pelajaran yang bisa aku petik hari ini. Apa pun pilihan kita, bekerja, sekolah, atau melakukan hal suka-suka, semoga kita selalu menjadi orang yang sukses dan bahagia. Aamiin.

Have a nice day,


Michiko♡


Tidak ada komentar:

Posting Komentar