2 Maret 2019

Google+ Pensiun

Kemarin, aku post di blog tentang pengumuman tantangan 30 hari produktif. Belum ganti hari, ada satu hal yang terjadi dan menurutku ini bisa jadi konten blog. 

Apakah itu?

Jadi, kemarin setelah mempublikasikan postingan 30 Days Poductive Challenge, terkejut aku terheran-heran, biasanya setelah publikasi sebuah postingan selalu muncul pop up untuk share otomatis dari salah satu media sosial, spill namanya jangan? 

Oke, aku kasih inisialnya aja deh. Inisial depannya Google belakangnya plus. Ashiaaaap.

Platform Google Plus tutup usia

Ada pemberitahuan kalau platform ini bakal ditutup di bulan April 2019 beserta laman terkait. Jadi, media berupa photo atau video yang dipost di akun Google+ bakal terhapus pada bulan April 2019 dan pihak Google juga mengimbau agar para pengguna mengunduh semua jenis data yang disimpan di akun Google+ dan laman yang terkait dengan akun tersebut. Kalau blogger aku kurang paham bakal kena dampaknya atau gak. Semoga enggak ya. Jangan, please, aku baru mau mulai produktif, ah elah. 

Kenapa ya dihapus? Apa kurang hits dibandingkan platform media  sosial yang lain? 

Padahal, Google+ ini lumayan ada manfaatnya lho buat aku. Aku bisa buat cari circle pertemanan antar youtuber dan blogger, ya... semacam sekalian promosi blog kita ke circle orang lain. Sejak pertama kali membuat blog di Blogger, aku selalu lari ke Google plus untuk mencari circle karena biasanya pengunjung blog itu meninggalkan jejak komentar pakai akun Google+ supaya pemilik blog klik profil mereka dan bisa mengunjungi blog si pengunjung juga. Silaturahmi antar blog ceritanya. 

Baca juga, asal mula aku berada di dunia blog pada postingan Pejuang Mimpi

Selain itu, Google+ juga berguna buat aku mengarsipkan postingan blog atau youtube sendiri. Soalnya, kalau di platform media sosial yang lain pasti ketimbun sama postingan "trash" kita sendiri.

Berikut pengumuman dari Google+

Pengumuman penutupan platform Google+

Menurut pendapatmu, Google+ ini ada manfaatnya nggak sih? Atau justru nggak ada sama sekali? Bagi kamu, ada pengaruhnya nggak kalau Google+ dihapus? Kenapa alasannya?

Sampai sini dulu deh, nanti kalau ada pembahasan lain bakal aku post di sini. Oh iya, untuk kamu yang mau komentar, sebaiknya jangan menggunakan akun Google+ karena komentarmu di blog akan dihapus berdasarkan kebijakan Google+ yang sudah aku lampirkan di atas.

Have a nice day,


Michiko♡

Illustration by Nadhishafa

1 komentar:

  1. one word, useless. 11 tahun berkarir di dunia blogger (ceilah :v ) google+ kurang bermanfaat terkecuali untuk orang2 yang memang fokus di bidang publishing dan memanfaakan lingkaran google untuk berbagi link atau memanfaatkan fungsi meta g+ untuk SEO. selebihnya, useless

    BalasHapus